Overview

TCASH G2P merupakan solusi penyaluran program pemerintah melalui uang elektronik TCASH sehingga penyaluran dapat dilakukan tepat sasaran, tepat waktu, dan pengambilannya bisa dilakukan di agen TCASH counter pulsa Telkomsel terdekat. TCASH G2P lebih dari solusi teknologi, namun kekuatannya adalah pemberdayaan komunitas setempat dalam sosialisasi, distribusi dan bekerja sama dengan TCASH serta pemerintah. TCASH G2P juga turut mengembangkan ekosistem merchant pembayaran uang elektronik guna mendukung gerakan nasional non tunai (GNNT) dan inklusi keuangan untuk Indonesia yang lebih baik.

Manfaat

TCASH G2P memperbaiki sistem konvensional sehingga pemerintah, penerima program dan masyarakat mendapat manfaat yang lebih luas:

  1. Lokasi pencairan yang lebih luas dan lebih dekat, sehingga mengurangi biaya transportasi, waktu tunggu dan meningkatkan produktifitas. Membiasakan masyarakat untuk menyimpan uang.
  2. Distribusi secara langsung dan kapanpun bisa dilakukan sehingga mengurangi kebocoran dan distribusi non tunai.
  3. Mengurangi transaksi tunai dan membantu inklusi keuangan, sehingga dapat menghemat biaya cetak dan distribusi uang tunai, serta meningkatkan kesejahteraan penerima bantuan.

Mekanisme Penyaluran Dana Bantuan Pemerintah Melalui TCASH

TCASH dengan kemampuan jaringan distribusi Telkomsel serta pengawasan pemerintah membangun ekosistem yang memberdayakan masyarakat setempat untuk secara bersama melakukan penyaluran program.

  1. Pemerintah melalui TCASH akan meminta memulai penyaluran program.
  2. TCASH menunjuk agen counter pulsa dan toko setempat (yang memenuhi persyaratan) untuk registrasi, penarikan dan setor tunai, serta belanja serta penukaran kupon program (bahan pokok).
  3. TCASH menunjuk fasilitator yang bertugas melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada agen dan penerima program.
  4. TCASH menyediakan terminal kepada untuk agen TCASH counter pulsa dan toko TCASH sebagai alat pendaftaran dan transaksi.
  5. Pemerintah mengirimkan surat ke rumah tangga untuk meminta penerima program datang ke agen TCASH counter pulsa terdekat untuk melakukan pendaftaran.
  6. Agen TCASH counter pulsa akan melakukan pendaftaran dan pengisian data pribadi, mengambil foto setengah badan, foto kartu program, ktp dan tanda tangan serta pengaktifan TCASH dan sticker TCASH Tap.
  7. Penerima program akan menerima SMS pemberitahuan saat dilakukan penyaluran program berupa nilai dan informasi program.
  8. Penerima program dapat mendatangi agen TCASH counter pulsa dan toko TCASH untuk melakukan belanja dan penukaran kupon serta penarikan uang kapanpun diinginkan.
  9. Proses setelmen kepada agen TCASH counter pulsa dan toko TCASH akan dilakukan keesokan harinya.